Gunung Prau

Gambar

 

 Selama ini wisatawan yang datang ke Dieng hanya tahu tentang komplek candi, telaga warna dan telaga lainnya, kawah, dan yang ingin menikmati indahnya sun rise hanya tahu dari tiga titik yaitu Gardu pandang tieng, bukit sikunir dan Komplek candi pandawa lima.

Dari ketiga lokasi ini sudah tidak diragukan lagi penampakan sunrise yang sangat hebat dan menimbulkan decak kagum dari para wisatawan. Bagi yang memburu doble sunrise bisa dilakukan dengan melihat dari gardu pandang Tieng untuk golden sunrise dan langsung menuju komplek candi pandawa lima untuk melihat silver sunrise, atau dari bukit sikunir dan komplek candi.

Selain dari tiga lokasi tersebut ternyata ada satu lagi lokasi yang lebih heboh untuk menikmati sunrise yaitu dari gunung prau, hal ini diungkapkan oleh pi’i ketua The Bull Egg Adventure desa Patakbanteng, yang selama ini sering mengawal wisatawan untuk hiking dan camping di gunung prau.

GambarGambar

Gunung Prau adalah sebuah gunung yang berada di Dataran Tinggi Dieng. Secara administrative Gunung Prau masuk dalam wilayah Kabupaten Kendal, Kabuaten Batang, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berada di koordinat 7° 11′ 13″ LS,  109° 55′ 22″ BT. Gunung tersebut merupakan salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng selain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah ini memiliki ketinggian sekitar 2.565 Mdpl.

Selain dapat ditempuh dari jalur Patakbanteng , puncak gunung prau juga dapat ditempuh melalui Dieng sekitar SMP 2 Kejajar yang berlokasi di Dieng. Dari SMP 2 Kejajar kita akan melewati pemakaman umum, perkebunan, jalan setapak yang dikellilingi bunga-bunga dan tanaman endemic dieng yaitu carica, pohon cemara, dan di puncak terdapat menara. Jalan yang terjal dan terus menanjak, terlebih saat menara sudah mulai terlihat. Sepanjang jalan terkadang kita akan melihat jejak sepeda motor sampai ke puncak.

Pi’i The Bull Egg menjelaskan bahwa untuk mencapai gunung prau yang paling enak adalah lewat jalur Patakbanteng, timnya akan mengawal wisatawan sampai tujuan, Prasarana lain juga sudah dipersiapkan, jadi bagi wisatawan/ pendaki  yang akan melakukan pendakian dapat menginap dibase camp desa Patakbanteng.Retribusi masuk yang masuk desa juga cukup murah hanya Rp.3.000 sedangkan untuk parkir dipungut antara Rp. 1.000 – 2.000, apabila wisatawan membutuhkan guide untuk sampai ke puncak ada tarif tersendiri yang sifatnya tidak mengikat dan tarifnya negotiable bahkan sering hanya dipersilahkan berapapun tarifnya kepada wisatawan tidak masalah. waktu yang dibutuhkan untuk sampai puncak juga cukup singkat, hanya sekitar 1,5 jam dari desa Patakbanteng.

Apa yang akan dilihat dari puncak gunung prau?. Kita dapat melihat tujuh puncak gunung dari satu lokasi, yaitu gunung sumbing, gunung sindoro, gunung merapi, gunung merbabu, gunung lawu, gunung slamet, bahkan gunung semeru (kalo ga salah) dan sunrisenya lebih indah dari tempat yang lain.

Tapi masih ada satu tempat lagi yang tak kalah indah, yaitu bukit teletubbies. Tak banyak para pendaki yang tahu tempat ini. Karena kebanyakan pendaki hanya nge camp di puncak dan melewatkan tempat ini. Untuk ke bukit ini dari puncak kita harus jalan terus sekitar 1 jam mengikuti jalan setapak. Di sini kita bisa nge camp dan menikmati bukit padang  rumput yang diselimuti bunga seperti di film teletubbies. Bedanya di sini juga diselimuti kabut tebal yang membuat jarak pandang kita hanya beberapa meter. Dan saat pagi menjelang kita akan di suguhi sunrise dari balik gunung sindoro dan sumbing.

GambarGambar

Usahakan sampai puncak sebelum gelap karena kabut akan semakin tebal yang akan mengurangi jarak pandang. Dan waktu yang paling tepat untuk ke tempat ini adalah saat musim kemarau, karena saat musim hujan udara akan terasa sangat dingin dan hujan di sini juga berbahaya.

Bagi yang tidak membawa perlengkapan pendakian kami juga menyediakan semua camping yang dapat disewa oleh wisatawan. (sumber : berbagai sumber)

GambarGambar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s